Kasih Ibu Tak Terhingga Sepanjang Masa

Oleh : Ricky Ly, S.Kep dan Rudi Sabuna (Masyarakat Kab.TTS)

Sebuah Tulisan Sederhana Untuk Ibu dan Seorang Calon Ibu.

Pembaca media online reformasiindonesia.com  yang budiman.

Berbicara mengenai sosok seorang ibu tentunya kita mengingat akan sebuah lagu yang sering dinyanyikan saat kita masih kecil, Kasih Ibu Kepada Beta, Tak Terhingga Sepanjang Masa, Hanya Memberi, Tak Harap Kembali Bagai Sang Surya Menyinari Dunia.

Berdasarkan sebuah lagu tersebut diatas, tentu saja ibu adalah sosok yang luar biasa…bagaimana tidak?? Seorang ibu akan melakukan apa saja demi anak yang sangat ia cintai.Dimana 9 Bulan Ia mengandung Kita, Selalu Dalam Dukungannya ketika anak-anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, serta seumur hidup di dalam Hatinya.

Betapa mulianya seorang ibu yang begitu peduli dan mau terus mendampingi anak-anaknya dalam setiap proses kehidupan bersama keluarga yang telah dibentuknya.

Peringatan Hari Ibu tahun 2018  yang ke 90  ini mengangat Tema “ Bersama Meningkatkan Peran Perempuan dan Laki-Laki Dalam Membangun Ketahanan Keluarga Untuk Kesejahteraan Bangsa”

Ada banyak riset mengenai kecerdasan yang diturunkan orang tua kepada anak. Namun ada fakta unik yang didapatkan dari penelitian ini yaitu bahwa kecerdasan anak diturunkan oleh sang ibu kepada anak. Loh kok bisa ya? Hal ini disebabkan oleh tanggung jawab dari kromosom X yang diturunkan oleh ibu dalam mengatur kecerdasan anak. Untuk diketahui bahwa secara genetika, ibu akan mewariskan salah satu dari pasangan kromosom X (XX) kepada anak ketimbang ayah yang memiliki pasangan kromosom X dan Y (XY) sehingga kemungkinan ibu untuk menurunkan kromosom X adalah dua kali dari sang ayah yang hanya memiliki satu kromosom X.

Penelitian tersebut juga menjelaskan bahwa jika tingkat kecerdasan ayah lebih tinggi daripada ibu, tetapi kesempatan itu sangat kecil untuk menurun pada anak. “Jika gen cerdas diwariskan dari gen ayah dan ibu maka gen ayah gugur dan tidak aktif.” berikut penjelasan dari penelitian ini yang menunjukan bahwa kecerdasan mutlak diturunkan oleh ibu kepada anaknya. Selain hal ini masih ada beberapa hal unik tentang ibu yang menjadi alasan bahwa ibu adalah sosok yang paling pantas dan wajib dihormati dan disayangi.

  1. Ibu Selalu Melindungi Kamu

Bicara soal perlindungan kamu harus tahu bahwa yang pertama kali melindungi kita saat datang ke dunia ini adalah ibu. Rahim ibu adalah tempat dimana ibu melindungi kita sejak pertama dibentuk.

Bahkan saat dewasa pun dia tetap melindungi kita dengan memperhatikan makanan yang kita makanan kita supaya kita tidak bakalan lapar, memperhatikan pakaian kita supaya kita tidak kepanasan atau kedinginan, merawat kita saat sedang sakit dan hal-hal kecil lainnya yang mendukung kebutuhan kita merupakan bentuk perlindungan ibu yang nyata. Bahkan saat dimarahi ayah, orang pertama yang membela kita adalah ibu. Benar kan?

  1. Ibu adalah sosok guru terhebat

Dulu saat masih kecil, yang paling sering diajar baca-tulis dan berhitung oleh ibu siapa-siapa saja? Yah, kebanyakan dari kita pasti akan mengangkat tangan karena faktanya ibu adalah orang yang paling banyak bertanggung jawab dalam mendidik anak-anaknya ketimbang sang ayah.

Ibu tidak hanya sekedar mengajarkan ilmu pengetahuan kepada anak-anaknya, banyak hal yang dia ajarkan seperti sopan santun, tata krama, nilai moral dan keagamaan. Contohnya kita pasti sering ditegur ibu bila tidak menyapa atau memberikan salam kepada orang yang lebih tua, atau juga saat kita melakukan kesalahan, orang yang bakalan bicara panjang lebar menasehati kita adalah ibu, yang paling sering mengingatkan kita untuk berdoa sebelum tidur juga ibu. Dia guru yang mengajarkan banyak hal kan?

  1. Ibu Itu Pribadi Yang Paling Peka Sama Kesedihan Kamu

Pernah tidak ketika kamu punya masalah dan wajah kamu mulai cemberut, tiba-tiba ada yang bertanya; “kok wajah kamu seperti itu, ada apa?” sudah bisa dipastikan orang yang bertanya itu adalah ibu. Ibu sebagai seorang wanita punya intuisi dan kepekaan batin yang kuat, apalagi pada anak-anaknya.

Jadi jangan heran kebanyakan kita lebih suka curhat kepada ibu daripada ayah yang cenderung tegas dan “straight to the point” saat mencoba memecahkan masalah. Ada waktunya ketika kamu sedih ibu adalah orang yang memeluk kamu, ya itulah dia dengan cintanya yang tulus pada anak-anaknya.

  1. Dia Adalah Koki Yang Handal

Buat kamu yang adalah anak rantauan pasti sering sekali malas masak dan rindu dimasakin ibu makanan, atau tiba-tiba rindu masakan ibu karena keseringan makan diluar. Kita pasti sering mendengar istilah yang mengatakan, “seenak-enaknya masakan restoran, masakan ibu yang terbaik”, dari istilah ini kita akan setuju bahwa masakan ibu adalah yang paling ditunggu.

Hal ini memang benar karena faktanya orang yang paling paham makanan favorit kita adalah ibu karena dialah yang selalu memasak di dapur untuk kita. Selain itu menurut penelitian, lidah kita telah sangat beradaptasi dengan rasa masakan ibu jadi sulit untuk kita menerima citarasa makanan luar untuk mengantikan masakan ibu dan juga kebiasaan dan kegemaran makan orang tua cenderung diturunkan kepada anak-anak. Inilah alasan kenapa masakan ibu tidak dapat tergantikan.

  1. Selalu Ada Buat Kamu

Yang sering kesal pada saat mencari sesuatu atau barang di dalam rumah pasti akan meneriakan sebuah nama, nama yang dipercaya tahu dimana keberadaan barang tersebut. Tidak lain dan tidak bukan pastilah nama ibu yang diteriakan oleh kita. Ada yang tau kenapa? Alasannya adalah karena hanya ibu satu-satunya orang yang bisa dipercaya.

Ibu sebagai sosok penolong bagi anaknya adalah pribadi yang paling sering berinteraksi dengan anak-anak ketimbang ayah. Komunikasi antara anak dan ibu justru cenderung lebih intens ketimbang dengan ayah. Akibatnya dia akan menjadi seorang yang paling sering mendengar keluh-kesahmu, memberikan nasihat untukmu, memarahi kamu, memberikan morivasi dan dukungan untuk kamu bahkan menghapus air matamu.

Sebagai sosok yang spesial dalam kehidupan kamu, sudah sepantasnya kamu menaruh dia dalam ruang yang spesial pada hatimu. Sayangilah dia, tidak perlu muluk-muluk, cukup di hari ibu nanti peluklah dia dan katakan terima kasih kamu secara tulus dan jadilah sukses karena itu adalah harapan serta puncak kebahagaainnya sebagai seorang ibu.

Penutup

Kesehatan dan Keselamatan ibu  harus ditempatkan sebagai prioritas dalam semua program.Hendaknya semua komponen baik pemerintah maupun masyarakat, terutama keluarga dan suami wajib memperhatikan kondisi kesehatan ibu.

Karena dari seorang ibu akan lahir generasi penerus masa depan, oleh karena itu sudah seharusnya kita sayang dan mau peduli akan kesehatan seorang ibu.Ketika kita memaknai, akan kesehatan ibu secara baik maka akan ada peningkatan derajat kesehatan,  bagi seorang ibu dan bayi yang dikandungnya.Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *