Presiden: Investasi dan Ekspor Kunci Perekonomian

Jakarta-RI.COM. INVESTASI dan ekspor menjadi kunci penting kemajuan ekonomi Indonesia. Oleh sebab itu, Presiden Joko Widodo menyatakan akan menghajar pihak yang menghambat perizinan usaha.

Pesan itu disampaikan Jokowi kepada pengusaha dan investor yang hadir dalam acara ekspor perdana mobil Mitsubishi Xpander di Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta, Rabu (25/4).

Jokowi mengatakan pemerintah akan meluncurkan sistem perizinan terintegrasi (online single submission/OSS) pada Mei 2018. Sistem itu disebutnya akan mempermudah perizinan usaha di Indonesia.

“Ekspor dan investasi. Dua hal ini selalu saya ulang di mana-mana. Dua hal yang akan terus saya ulang-ulang. Saya titip pesan ke pengusaha, kalau masih ada kendala setelah OSS, kalau masih ada yang main-main, beritahu saya. Bisik-bisik saja. Pasti akan saya hajar. Saya tidak suka asal bapak senang,” tegasnya.

Jokowi mengatakan sistem single submission akan membuat proses pengurusan izin dapat dilakukan dalam hitungan jam, bukan berhari-hari apalagi tahunan.

Presiden Joko Widodo / Ist

Dengan sistem itu, Jokowi mengatakan pemerintah bisa menelusuri hambatan perizinan dari pemerintah pusat sampai pemerintah daerah. Presiden menyebut sistem ini sebagai sebuah loncatan.

“Saya sampaikan kepada menteri kalau sistemnya OSS sudah ada, saya juga minta sumber daya manusia juga selalu dikawal dan didampingi dan kualitas ditingkatkan,” tandas Kepala Negara.

Ia berharap sumber daya manusia yang bekerja untuk sistem ini harus responsif terhadap keluhan-keluhan yang ada. Sumber daya manusia ini dianggap merupakan salah satu faktor penting keberhasilan OSS.

“Sistemnya bagus tapi kultur tidak dibangun ya tidak bisa selesaikan masalah yang ada,” tegasnya.

Jokowi mengatakan, dengan bertumbuhnya ekonomi, maka dapat menekan ketimpangan, kesenjangan dan kemiskinan. Kalau perekonomian tumbuh, tutur Jokowi, maka investasi akan banyak mengalir masuk. (RI/Media Indonesia)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *