Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Babinsa Rangkul Petani Rumput Laut

Aktifitas Petani Rumput Laut di Desa Alaang Kecamatan Alor Barat Laut didampingi Babinsa setempat

 

Kalabahi,reformasiindonesia.com – Dalam rangka meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat, Babinsa Desa Alaang Kecamatan Alor Barat Laut, Sertu. Rasid Amir Buy selalu mendampingi dan merangkul warga binaannya untuk membudidayakan rumput laut.

Babinsa Desa Alaang Kecamatan Alor Barat Laut, Sertu. Rasid Amir Buy kepada Wartawan Minggu (18/2/2018) mengatakan dirinya sebagai Babinsa dalam melaksanakan komsos selalu bersama petani rumput laut, dengan maksud untuk memberikan pemahaman kepada kelompok tani rumput laut, sehingga dalam pengolahan hasil budidaya rumput laut dapat memperoleh hasil yang baik sehingga pada akhirnya dengan kualitas rumput laut yang baik, rumput laut yang dihasilkan dapat diminati oleh pasar hingga pada akhirnya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat itu sendiri.

” Kalau bisa dikelola dengan baik, pasti untuk memasarkan pun baik. Bisa menjadi satu produk yang mempunyai nilai jual tinggi sehingga semua kelompok tani rumput laut di desa Alaang dan sekitarnya bisa dapat hidup sejahtera “, ungkapnya.

Berkat kemajuan produksi rumput laut masyarakat di Desa Alaang serta desa tetangga yakni desa Aimoli, sejumlah masyarakat yang ada di Kelurahan Adang sudah mulai ikut dalam budidaya rumput laut ini, jelas Rasid.

Sementara itu Danramil 1622-01/Kalabahi Mayor Inf Achmad Hartono mengatakan Babinsa yang setiap saat berada di Lapangan harus selalu memberikan motivasi, dorongan dan ide-ide yang bermanfaat bagi masyarakat, dengan harapan semakin banyaknya masyarakat kita yang produktif akan tercipta lapangan kerja bagi warga sekitar dan mengurangi jumlah pengangguran.

Achmad menambahkan Babinsa Desa Alaang Kecamatan Alor Barat Laut, Sertu Rasid Amir Buy selalu mendampingi dan merangkul warga binaannya untuk budidaya rumput laut.

” Awalnya warga kebanyakan mencari nafkah sebagai petani dan nelayan penangkap ikan, namun sekarang sudah bisa bertambah dengan usaha budidaya rumput laut “, ujarnya.

Potensi rumput laut di Kecamatan Teluk Mutiara serta kecamatan lainnya di Kabupaten Alor sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Salah satu bukti di Desa Alaang Kecamatan Alor Barat Laut (Abal) yang merupakan salah satu kecamatan penghasil rumput laut terbanyak di Kab Alor, jelasnya.

Dirinya mengharapkan kelompok tani rumput laut yang ada di Desa Alaang Kecamatan Alor Barat Laut dapat terus giat membudidayakan rumput laut yang ada dan semoga produksi rumput laut yang dihasilkan dapat memuaskan dan produktivitas tanaman rumput laut setiap tahunnya tersebut terus meningkat sehingga bisa mendongkrak tingkat ekonomi warga, pungkasnya.(RI/*jb/tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *