451 Sertifikat Diserahkan Kepada Masyarakat Desa Silu

Bupati Kupang Ayub Titu Eki bersama Kepala Badan Pertanahan Kabupaten Kupang Nantje Erasmus Fanggidae, SH saat menyerahkan 451 Sertifikat kepada masyarakat Desa Silu, Jumat (09/2/2018)

 

Oelamasi, reformasiindonesia.com – Badan Pertanahan Kabupaten Kupang menyerahkan Sebanyak 451 Sertifikat bagi masyarakat di Desa Silu Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang. Penyerahan Sertifikat ini dilakukan langsung oleh Bupati Kupang Ayub Titu Eki bersama Kepala Badan Pertanahan Kabupaten Kupang Nantje Erasmus Fanggidae, SH, Jumat (09/02/2018).

Pada penyerahan sertifikat tersebut turut pula dihadiri sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Saerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Kupang diantaranya Kabag Humas Stefanus Baha, Kepala RSKK Martha Paraede, dan turut dihadiri Kapolsek Fila Saik serta Kepala Desa Silu Yulius Manafe.

Bupati Kupang Ayub Titu Eki dalam sambutannya mengatakan atas nama masyarakat Kabupaten Kupang dirinya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja keras Badan Pertanahan dan jajarannya sehingga masyarakat di Kabupaten Kupang dapat menerima sertifikat Kepemilihan Tanah ini.

Dengan diserahkannya sertifikat tanah oleh Badan Pertanahan diharapkan memberi kejelasan tentang hak kepemilikan tanah sehingga menghindarkan konflik dan pertikaian. Tanah yang sudah disertifikat juga diharapkan tidak dijual sembarangan karena menurutnya asset tanah sangat berharga dan harganya akan meningkat dari waktu ke waktu, jelas Ayub.

Dirinya berharap masyarakat dapat menjaga dan mengembangkan tanah yang dimiliki dengan menanam tanaman produktif sehingga tanah yang ada tidak dibiarkan menganggur, karena banyak manfaat yang didapat masyarakat jika mau dan rajin mengolah lahan tanahnya seperti membuat lahan pertanian produktif yang memberikan hasil bagi peningkatan taraf hidup masyarakat, pungkas orang nomor satu di Kabupaten Kupang tersebut.

” Salah satu contoh menanam produktif ialah menanam tanaman pisang yang tidak terlalu sulit dan hasilnya pasti, bisa dikonsumsi sendiri dan bisa dijual bagi peningkatan taraf hidup keluarga “, tandasnya.

Kepala Pertanahan Kabupaten Kupang Nantje Erasmus Fanggidae menyatakan penyerahan sertifikat diberikan kepada masyarakat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kantor Pertanahan Kabupaten Kupang Tahun 2017.

Total penerima PTSL bagi masyarakat Silu sebanyak 451 Sertifikat dari Total 9850 Sertifikat yang diberikan bagi masyarakat di Kabupaten Kupang. Nantje berharap sertifikat yang diterima dapat dijaga dan diamankan sebaik-baiknya oleh masyarakat, tidak dijual belikan karena merupakan harta berharga milik keluarga.

“ Pemberian Sertifikat Tanah bagi masyarakat diharapkan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat untuk dapat berusaha dan berkerja ”, ungkap Nantje.

Sementara itu perwakilan masyarakat yang menerima sertifikat Osias Tob dan Maksen Imanuel Kono tidak dapat menyembunyikan kegembiraan mereka dan keduanya mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada Pemerintah terkhususnya Presiden RI yang telah memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menerima bukti kepemilikan tanah dengan surat Sertifikat yang diberikan.(RI/HKK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *